MENGUBAH OBYEK PEMBICARAAN
Obyek matematik yang paling banyak dibicarakan (dioperasikan) adalah bilangan real. Bagaimana kalau yang dioperasikan bukan bilangan, tetapi seperti misalnya vector, matriks, fungsi, dsb. Apakah sifat-sifat operasi pada bilangan masih berlaku, seperti assosiatif, komutatif, sifat bilangan nol, dsb masih berlaku, atau syarat apa agar tetap berlaku ?
MENGHILANGKAN ATAU MENAMBAH KONDISI
Beberapa contoh tentang hal ini telah diberikan pada pembahasan ‘mengubah angka’, ‘mengubah geometri’.
Menghilangkan kondisi (syarat tertentu) berarti akan memperlemah kondisi atau akan memperumum pembicaraan, agar obyek yang dibicarakan makin luas. Sebaliknya menambahkan kondisi tertentu akan memperketat syarat (mungkin karena tuntutan masalah nyata)
MENGHILANGKAN ATAU MENAMBAHKAN KONTEKS
Masalah-masalah yang datangnya dari masalah nyata kadang memuat kondisi yang cukup ketat, sehingga kadang tidak mudah diselesaikan dengan pengetahuan matematis yang dimiliki. Masalah matematis kadang disusun (diabstraksikan) dengan menyederhanakan beberapa asumsi detail konteks, sehingga dapat diselesaikan.
Sebaliknya kadang masalah matematika yang bentuk abstraknya mudah dipahami dan diselesaikan soalnya, kadang menjadi agak rumit manakala ditambahkan konteks. Misalkan masalah luas suatu daerah mudah dipahami, tetapai manakala dihadapkan masalah misalnya menutupi suatu daerah tertentu, mungkin akan lain ceritanya.
MENGULANGI PROSES ITERASI
Melalui proses iterasi matematik dengan bantuan program komputer tertentu, kadang dihasilkan obyek atau grafik yang indah. Dengan mengubah fungsi atau kondisi yang telah ada kadang dihasilkan sesuatu yang diluar dugaan kita. Selanjutnya bagaimana penjelasan matematisnya itu menjadi masalah juga.
Sumber: Making Mathematics, Education Development Center, Inc 2000.
Langganan:
Posting Komentar (Atom)
Daftar Isi Blog
- 001 Pengantar Blog: Awal Mula (1)
- 002 Pengantar: Apa KIRMat itu (1)
- 003 Tipe dan Proses Penelitian Matematika: (1)
- 004 Cara-cara Membangkitkan Masalah (1)
- 005 Kreativitas (apaan sih?) (1)
- 006 MEMBUAT MASALAH BARU DARI MASALAH YANG TELAH ADA (1)
- 007 MEMBUAT MASALAH BARU DARI MASALAH YANG TELAH ADA (Lanjutan) (1)
- 008 MENGAJUKAN PERTANYAAN UNTUK MASALAH YANG TELAH ADA (1)
- 009 MEMBANGKITKAN CONTOH dalam Penelitian Matematika (1)
- 010 Masalah Matematika: Titik Tengah dan Lingkaran menjadi Garis (1)
- 011 Masalah Terapan: Pengaturan Lift Gedung (1)
- 012 Masalah Terapan: LaluLintas (1)
- 013 Masalah Terapan: Masalah Evakuasi (1)
- 014 Masalah Terapan : Lokasi Markas Pemadam Kebakaran (1)
- 015 Masalah Terapan: Jarak Aman Berkendaraan (1)
- Buku : 101 Mathematical Project (1)
Tidak ada komentar:
Posting Komentar